Pages

Beli

Monday, March 14, 2011

Kawasaki ZX 130VR vs Yamaha Jupiter MX



Kawasaki ZX 130 VR





Type
4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah
53,0 x 59,1mm
Jumlah & Isi Silinder
Satu buah & 130cc
Perbandingan Kompresi
10 : 1
Daya Maksimum
7,4 KW ( 10,1 PS ) / 7.500 RPM
Torsi Maksimum
10,7 Nm / 5.500 RPM
Karburator
Keihin NCV24
Sistem Starter
Electric&Kick Starter
Jumlah Transmisi
4 speed
Pola Pengoperan Gigi
N-1-2-3-4
Tipe Sistem Reduksi Primer
Gear
Kopling
Centrifugal, Wet multi disc
Tipe sistem final drive
Chain drive
Rasio reduksi
3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan
8.694 @ top gear
Sistem Pengapian
DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli
Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan
Pendinginan dengan udara
Sistem Penyaringan Oli
Double Filter
Kapasitas Pelumas Mesin
1,1 liter ( kering )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
3,7 liter
Busi
NGK C6HSA / ND U20FS-U
PanjangxlebarxTinggi
1904mm x 709mm x 1050mm
Tinggi Tempat Duduk
752mm
Jarak Poros Roda
1.248mm
Jarak terendah ke tanah
142mm
Berat kosong
104 kg
Tipe Rangka
Pipe Backbone
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Swing Arm
Ukuran Ban Depan
70/90 – 17M / C 38P
Ukuran Ban Belakang
80/90 – 17M / C 44P
Rem Depan
Cakram Twin Pot
Rem Belakang
Drum / Tromol
Pelek Roda
Spoke / Jari-jari, Cast Wheel
Battery MF
Sealed Battery ( B.Kering ) 12 V 3.5 Ahs





Yamaha Jupiter MX 2011


Tipe Mesin:4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Diameter Langkah:54,0 x 58,7 mm
Volume Silinder:134,4 cc
Susunan Silinder:Cylinder Tunggal / Tegak
Perbandingan Kompresi:10,9 : 1
Power Max:Manual Clutch: 9.21kW / 8500rpm | ATCW: 8.93kW / 8500rpm
Torsi Max:Manual Clutch: 12,14 Nm / 6000 rpm | ATCW: 11.79 / 6000rpm
Sistem Pelumasan:Basah
Oli Mesin:Total 1.150 Liter | Berkala 0.94 Liter
Radiator:-
Karburator:-
Putaran Langsam:-
Saringan udara:-
Transmisi:Manual Clutch: Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5) | ATCW: Rotary 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)
Kopling:Manual Clutch: Basah, Kopling manual, Multiplat | ATCW: Basah, Kopling sentrifugal, Multiplat
Caster / Trail:-
Rasio Gigi:-
Sistem Starter:Electric Starter dan Kick Starter



62 comments:

  1. mx hanya mnang akselerasi.....
    tetapi selebihnya (kenyamanan, kestabilan, konsumsi bbm, top speed, fungsionalitas, bagasi luas, harga) ZX mndominasi....!!

    ReplyDelete
  2. vote for zx lah.....

    ReplyDelete
  3. kl sama2 std, ga bakalan zx bisa menang lawan mx

    ReplyDelete
  4. Klo dikasih saya lebih memilih jupiter mx.......



    Kalo dijual harganya lebih tinggi jadi bisa beli zx + sisanya buat modif.. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Kalau Jupi MX buat jarak jauh nggak bagus. bau oli dibakar

    ReplyDelete
  6. mx enak buat nyiksa pantat kalo jalan jauh

    ReplyDelete
  7. walaupun nggak pernah ngalahin JupiMX, saya tetep cinta ZX130....

    ReplyDelete
  8. riding style nya masih enakan ZX

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rubah CC jadi 150 dan perubahan CDI + coil zx saya ga mandang MX lagi tapi Vixon atau CBR 150 di jalan by pass bukan jln umum biasa

      Delete
  9. Hati2 sama zx!
    Bisa nyimpen bom 5 biji bagasiny gede bgt!
    mx ditaro beng2 aj menyet

    ReplyDelete
  10. orang2 aneh pilih zx?mtor aneh tangki didepan. .klo ngisi bbm sombong g turun dri mtor. .he. .he. .mendingan mx 5speed jd lmyan pegel kn ngoper2 gi2'y. .kebanyakan sh. .he. .he. .

    Vote for zx. .zx bagian hidupku. .

    ReplyDelete
  11. walopun pakenya mx saya te2p vote ke zx..
    gak nyiksa tuh motor...
    goncengan 3 orang dewasa aj joknya masih sisa...hahahah

    ReplyDelete
  12. putaran bwah,mx didepan bro,tpi klo dah tgh ke atas...hmmm zx bsa top speed 140km/jam klo tau bwnya smbil nunduk abis ,gbisa lgsng betot,stabil abis....ada rpm buat kta atur top speed...zx130 baby ninja!!

    ReplyDelete
  13. diletak ku cs1 kalian semua alias di sundul/ditusbol/atou dicolok wkwkwk 12.8ps baby CBR.

    ReplyDelete
  14. betul cs1 kenceng coy akselerasinya bannya ajah kerempeng gitu kompresi tinggi bener lagi tapi mana bisa diajak turing jauh2 di daerah gak ada pertamax plus bro ntr minum premium mabok lagi motornya, kl ujan juga gak nepi di bawah jembatan lah nda ada tempat naro jas ujannya sih hehe...

    ReplyDelete
  15. ZX vs MX..
    Hmmm...kedua mtr ini emang sering panas rider'y klo ktmu..
    Terutama rider MX nya yg slalu penasaran dgn performa ZX klo ktmu dijln..Pdhal si Rider ZX nya nyantei aj..Rider Yamaho emg panasan tipikalnya..sok paling kenceng dan peling jagoan..
    Klo dr akselerasi zx std emg gbsa ngalahin mx std..tp soal speed,zx more than faster than mx..Handling jelas zx rajanya,paling nyaman di seantero perbebekan..fungsionalitas zx juga..bagasi gede,isi bensin praktis ga usah buka jok..kualitas,everybody know quality of Kawasaki..The Best Japanese Quality motorcycle In The World..
    Ttg CS1,performa ni mtr emg paling manteb ketimbang ZX dan MX,tp msh dibawah FU lah..Tp bodynya bnr2 gagal,kaya kebo cacingan..Depan gede belakang ceking..WTH!!!!!
    Dan kualitas CS1 diragukan..Pake part abal2/kw dr Sonic..kasian user CS1 dikubulin ma Honda Indonesia..Mndingan beli Honda Sonic aj skalian..dgn ngeluarin uang lbih mahal tp dpt body yg enak diliat,mesin manteb dan kualitas Honda nomon 1...

    ReplyDelete
  16. gagal kan menurut elu" yg g ngerti futuristik...
    kalo gue blg its good product cz brani tmpil bda n menurut gw bntk.a bgus kok...

    Kawak zx 135 n honda cs 1 = good produk...

    Mendng body krng tp mesin yahud dr pada
    body aja yg bgus tp mesin abal"...
    Apa kta dunia ???

    ReplyDelete
  17. sudahlah.....semua ada kurang dan lebihnya, semua motor sudah didesain sesuai keinginan riders dan pabrikan. semua pabrikan motor sangat pasti bisa membuat motor kencang, futuristik, ergonomis, ramah lingkungan, stylish...de el el.cuma nanti pasti berpengaruh pada harga jualnya yang tinggi, dan pabrikan juga sangat tahu kalo ente pada gak kuat beli jadi hanya beberapa kelebihan yang ditanamkan di motor masing masing pabrikan hehehehe...emang ente pada bisa bikin tuh motor, malu dongg....

    ReplyDelete
  18. mx lebih kenceng daripada zx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf zx saya sdg upgrade sekarang diadunya sama Vixion atau CBR 150..saya menang di cara gas diayun ..menang 5 - 10 detik di jln by pass..klw di jalan umum biasa/ramai saya menang selisih sampai 3-5 mnt

      Delete
  19. kalo di jalan lurus dan panjang,, ga ada bebek lain yg bisa ngalahin zx130,, emang tarikan bawahnya akselerasinya kurang,, tapi kalo udah main gigi atas zx bisa liar banget tenaganya,,

    ReplyDelete
  20. bebek lain lewat,, cuman FU150 aja yg bisa di depan zx

    ReplyDelete
  21. gwe vote ZX dah, stabil tu, kalo belok kaga oleng

    ReplyDelete
  22. ane vote kawasaki athlete aja dah.. putaran bawah dapet, putaran atas dapet, body dapet, harga stabil cewek pun dapet!!! wuihh rep ngopo jal . . . :v

    ReplyDelete
  23. ane sempet pengen zx soale pernah pake blitz 112cc std bs ngalahin supraX yg 125 :D
    tp stlh athlete jd pengen athlete
    bodi lbh manteb
    kl tenaga
    blm pernah head2head seh ma zx
    tp kondisi std bs nyalip megapro loh
    mmg seh
    kalah tarikan
    secara 125cc vs 160cc
    tp jarak jauh
    lewat ...
    kl ma vixion athlete ane nempel top speed vixion tok
    g lebih g nambah
    jarak 1-2 motor lah
    (ane d blkg vixion :S)
    tp jarak jauh juga :P
    kawasaki athlete memang ok :D

    ReplyDelete
  24. E yang punya zx pkirin tu onderdil nya

    ReplyDelete
  25. Vote ZX. Mtr anteb buat touring 300km ga terlalu capek, bagasi luas, isi bensin praktis & lumayan irit (43kpl) itupun mtr diperkosa hbs2an sepanjang jalan. Ane nempuh 113km (pas istirahat & isi premium) dlm waktu 2,5jam. Kecepatan tdk jarang melewati100kpj bahkan sampe' 120kpj!! Sempet juga adu kecepatan dg old megapro & vixion yg lg balapan sampe ridernya pd 'emosi', (motong didepan ane pas mw lampu merah). Mtr ane keluaran 2006 akhir KM dah 76rb lbh dan blm ada masalah berarti. Part mesin awet bngt. Cm rutin ganti filter oli doang. Suaranya msh aluuuss bngt... :-D .. Coba deh yg punya MX/HSX taon segitu udah brp kali bongkar mesin...? Monggo... Ditunggu jwbnnya.... :3

    ReplyDelete
  26. wuihhhh 2006 ampe 2014 masih ok....???
    awet bener nech motor..... :D
    Btw harga sekennya berapa ya om....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg 2006 akhir ky punya ane harga sekennya kisaran 5-7 Jeti tergantung kondisi. hunting aja di olx atw berniaga. Moga dapet yg msh bagus :D

      Delete
  27. ITU zx msih standard ya. Mo nanya nih..klo adu kcepatan antara zx dengn vixion new moto go kira2 mnang mana... Jrak 500 m aja lah.. Sma2 msih standard.. Kbtulan saya juga pke zx 130 vr

    ReplyDelete
  28. Kalo lawannya nvl / nva gak jaminan menang coz speknya udh beda jauh. Top speednya jg beda. Nva/l top speed bisa 130an on gps. Top speednya zx di spedo mungkin bisa 130 tapi paling 115an di gps. Btw zx ane standar abis.

    ReplyDelete
  29. salam kenal bray, saya pakai Zx13R 2008 yg SE hijau,
    motor msh std hbs, menurut saya mtr ni juara bebeknya, suara knalpot ajeb! saat dibawa di rpm 5.000-8.500 suara sudah gahar, jdi saat kita nyalip org" pada liat tuh motor apaan wkwwkw, tpi sygny kawasaki gk terlalu brandedkan Zx130 ni, hanya mikirin moge trs, klo dibrandedkan pasti kalah tuh MX sama Supra GTR
    klo ordenilny masih banyak kok yg jual, tpi klo ordenil trtentu harus inden
    cara perawatan juga mudah
    saya hnya setiap satu bln ganti oli, saya memakai shell advance dan cuci karbu
    klo drawat trs pasti awet broo, skrng mtr sya di 28rb KM dan masih awet, suara mesin juga masih ajebbbb

    ReplyDelete